Langsung ke konten utama

KOMANDO PASUKAN KATAK TNI-AL

KOMANDO PASUKAN KATAK TNI ANGKATAN LAUT
Gambar Komando Pasukan Katak.png
Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan Kopaskadidirikan 31 Maret 1962 oleh Presiden Sukarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya.
Komando Pasukan Katak disingkat Kopaska adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut. Semboyan dari korps ini adalah "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang berarti "tak ada rintangan yang tak dapat diatasi". Korps ini secara resmi didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Indonesia waktu itu Soekarnountuk membantunya dalam masalah Irian JayaPasukan khusus ini sebenarnya sudah ada sejak 1954.
Bapak dari Kopaska adalah Kapten Pelaut Iskak dari sekolah pasukan katak angkatan laut di pangkalan angkatan laut Surabaya. Tugas utama dari pasukan ini adalah peledakan/demolisi bawah air termasuk sabotase/penyerangan rahasia kekapal lawan dan sabotase pangkalan musuh, torpedo berjiwa (kamikaze), penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar serta antiteror di laut/maritime counter terorism . Jika tidak sedang ditugaskan dalam suatu operasi, tim tim Detasemen Paska dapat ditugaskan menjadi pengawal pribadi VIP seperti Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.
Saat ini Kopaska terbagi menjadi 2 Komando, Satuan Pasukan Katak Armatim di Ujung, Surabaya dan Satuan Pasukan Katak Armabar di Pondok Dayung, Jakarta Utara. Tugas utama mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi.


Aktif31 Maret 1962 - Sekarang
NegaraIndonesia
CabangAngkatan Laut - Armada Barat dan Timur
Tipe unitPasukan khusus Angkatan Laut
PeranOperasi khusus di darat, laut dan udara/Anti teroris maritim
Jumlah personilRahasia
Bagian dariTentara Nasional Indonesia
MarkasPangkalan Angkatan Laut Indonesia, Armada Barat Pondok Dayung Tj. Priok Jakarta, Armada Timur Surabaya
JulukanKopaska
MotoTan Hana Wighna Tan Sirna (Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi) - (Bahasa Sansekerta)
Warna seragamMaroon
HimneMars Kopaska
MaskotKodok hijau terbang
Ulang tahun31 MaretDiberdayakan oleh Blogger
ĞŘÊĘÑ BÅMBØÖ BLOG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM MACAM WARNA BARET DALAM KESATUAN TNI AD

MACAM MACAM WARNA BARET DALAM KESATUAN TNI ANGKATAN DARAT Warna-warna baret sesuai kesatuanya dalam TNI AD Baret   Raider : Warna hijau lumut dengan Lambang Raider ( Cepat, Senyap, Tepat ) Baret  Kostrad : Warna hijau dengan lambang Cakra Sapta Agni (Lambang Kostrad) Baret  Kopassus : Warna merah dengan lambang Tribhuana Chandrasa (Lambang Kopassus) Baret  Infanteri  (Di bawah organik Pussenif atau Kodam): Warna hijau dengan lambang Pussenif Baret  Kavaleri : Warna hitam dengan lambang Pussenkav Baret Artileri Pertahanan Udara: Warna cokelat dengan lambang Pussenarhanud Baret  Artileri Medan : Warna cokelat dengan lambang Pussenarmed Baret  Zeni : Warna hijau dengan lambang Ditziad Baret Perhubungan: Warna hijau dengan lambang Dithubad Baret  Polisi Militer : Warna biru muda dengan lambang pistol bersilang (berbeda dengan lambang Puspomad yang bergambar topeng Gajah Mada) Baret Pembekalan Angkutan: Warna biru tua dengan lambang Ditbekangad Baret Penerbang Angkatan

TIPS MASUK AKADEMI MILITER

CALON MILITER TIPS TIPS MASUK AKADEMI MILITER ____________________________________________________ Tips Masuk Taruna Akmil dan Cara Masuk Akmil. Setelah saya menuliskan artikel tentang Syarat Masuk Akmil dan Urutan Pangkat di Akmil, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lebih terperinci tentang Akademi Militer pada blog Taruna Akademi. SEKILAS AKADEMI MILITER Akmil atau yang biasa kita kenal dengan Akademi Militer, merupakan suatu lembaga pendidikan dibawah naungan TNI Angkatan Darat yang dikhususkan untuk melahirkan calon perwira perwira remaja, yang nantinya diharapkan dapat menjadi kader kader pemimpin TNI-AD dimasa depan. Banyak sekali lulusan Akademi Militer yang sudah sering kita lihat kiprahnya di Indonesia, salah satunya adalah Jenderal (HOR). Susilo Bambang Yudhoyono (Pak SBY) adalah lulusan Akademi Militer tahun 73 sekaligus menjadi lulusan terbaik diangkatannya, dan dipuncak karirnya beliau mampu menjadi President Republik Indonesia selama 10 t